Wednesday 8 June 2016

Menggunakan Komputer Tanpa Mouse

Menggunakan Komputer/ PC / Laptop tanpa Mouse apakah bisa? Menurut pengalaman pribadi saya bisa-bisa aja. kita bisa menggunakan keyboard karena sesungguhnya mouse adalah alat bantu, namun kita harus tau fungsi tombol keyboard dan kombinasinya. berikut adalah beberapa fungsi tombol keyboard yang sering saya gunakan. saya tidak mengklasifikasikan beberapa fungsi, hanya yang teringat dan sering saya gunakan itulah yang saya cantumkan.

1. Window+D fungsinya untuk menamplkan ke Desktop komputer dengan cepat, jadi apabila dikomputer sedang mengerjakan hal-hal yang rahasia dan tiba-tiba ada orang, kita bisa tampilan desktop langsung tanpa harus minimize aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.

2. Window+M fungsinya hampir sama dengan Window D yaitu me-minimize aplikasi yang sedang berlangsung dan kembali ke tampilan desktop. untuk me-maximaze aplikasi yang telah di-minimize bisa menggunakan Windows+Shift+M.

3. Kombinasi Alt+Tab fungsinya untuk melihat program yang sedang berjalan (running program), tekan Alt+Tab (Tab nya beberapa kali untuk pindah program yang anda inginkan)

4. Window+Tab fungsinya hampir sama dengan Alt+Tab, cuma tampilannya 3D dan lebih keren (ada beberapa versi window yang tidak support).

5. Window+T fungsinya seperti serupa seperti Alt+Tab dan Window+Tab, tapi fungsi tersebut berlaku untuk menu yang ada di taskbar. Penasaran? Coba aja

6. Window+1, Window+2 dan seterusnya fungsinya adalah untuk membuka dengan cepat aplikasi yang sudah nempel di Taskbar.

7. Window+tanda panah (kiri,kanan,atas,bawah) untuk merubah ukuran aplikasi (minimize,maximize dll) yang sedang aktif. penasaran? coba aja

8. Ctrl+Alt+ Tanda Panah (kiri,kanan,atas, bawah) untuk memutar layar Lanskep atau potrait. coba aja deh

9. Window+L fungsinya untuk mengunci komputer secepat kilat. sangat cocok bagi anda yang sangat privasi. jika ada hal yang mendadak untuk meninggalkan layar komputer dalam keadaan terkunci dengan cepat.

10. Window+Enter fungsinya untuk mengaktifkan Narrator dengan cepat. Narator adalah bantuan untuk orang Buta, jadi komputer akan ngomong sendiri mengenai komputer yang sedang berjalan. jika kurang faham, coba aja. soalnya saya kurang lihai menjelaskannya. hehehe

11. Window+E fungsinya untuk ke Menu Explorer.

12. Windows+Pause Break fungsinya untuk informasi dasar mengenai komputer anda

13. Window+O (bukan Nol tapi hurup O) fungsinya untuk mengunci atau membuka auto Rotasi layar, biasanya ini berfungsi di Laptop hybrid(laptop yang bisa dicopot layar dengan keyboard, contoh: Acer One 10)

14. Window+G untuk menampilak fungsi Gadget yang ada di desktop walaupun kita sedang menggunakan aplikasi sepertii notepad (hanya berfungsi di beberapa tipe komputer)

15. Window+R dengan sekilat anda masuk ke menu Run

16. Jika anda bingung menutup aplikasi tanpa menggunakan Mouse anda bisa menggunakan Alt+F4. di Layar desktop fungsi ini juga bisa berfungsi untu menu shutdown atau restart komputer.

17. Pernah gak ketika kita sudah mengetik banyak, ternyata hurup nya KAPITAL semua atau yang kapital harus dikecilkan. bagi yang belum tau mungkin kita menghapus semua dan mengetik ulang semua (buang-buang waktu dan tenaga). untung ada caranya yaitu Blok dulu tulisan yang akan kita ubah terus tekan Shift+F3. mantaaappp. fungsi menu ini juga sebenarnya ada di Microsoft Word tp menunya tersembunyi.

18. Window+ (+) atau Window+(-) untuk memperbesar dan memperkecil layar. coba aja deh

19. Bagi anda yang tombol WINDOWS nya rusak anda bisa menggantinya dengan Ctrl+Esc untuk menampilkan Menu

20. jika anda ingin mengganti nama file (Rename) tidak usah repot-repot klik kanan terus Rename. tinggal manfaatkan tombol F2

21. F1. tombol tersebut siapapun tahu untuk tombol Help / Bantuan

22. Shift+Del fungsinya untuk menghapus file secara permanen(tidak masuk resycle bin)

23. Coming Soon


Biasakanlah menggunakan tombol-tombol diatas untuk mempermudah pekerjaan anda, jika malas, BAYANGKAN JIKA ANDA TIDAK PUNYA MOUSE, selain itu anda akan "terlihat" keren dan ahli ketika mengoperasikan komputer dengan keyboard.